Jumat, 03 September 2010

RON MANADO

Rasanya tidak pas kalau tidak mencicipi makanan khas di Manado ,, Yang saya ketahui makanan khas di Manado , yaitu:
  1. Bubur Manado
tinutuan_bubur_manado-300x2253
Setiap pagi, bubur Manado dihidangkan. Sebetulnya cara memasak dan bahan bubur Manado sederhana dan gampang. Beras dimasak menjadi bubur bersama segala macam sayuran. Sayuran yang turut dicampur adalah potongan daun kangkung, bayam dan jagung.


2. Tikus Hutan
img_1538

Di Manado, khususnya di Tomohon, tikus hutan dijual seharga 40 ribu per ekor. Tikus ini memakan biji-bijian dan buah-buahan saja, jadi dia bersih lho. Ujung ekornya berwarna putih. Tikus ini dikonsumsi sehari-hari oleh orang-orang Minahasa, jika ada pesta, tikus pasti muncul sebagai hidangan pelengkap babi guling. Tikus ini setelah isi perutnya dibersihkan, dan darahnya juga, kemudian dibakar dan diasapi dengan menggunakan tempurung kelapa, nanti bulu-bulunya akan rontok sendiri.Setelah dibakar, barulah dijual di pasar. Dibakarnya tanpa bumbu, karena daging tikus memiliki rasa khasnya. Tikus ini dimasak dengan kuah santan dan bumbu kuning. Segala jenis rempah-rempah menjadi “major ingredients”, mulai dari kunyit, daun kunyit, jahe, bawang merah, daun bawang, cabe, sereh, merica. Tikusnya digoreng dulu sebentar untuk menghangatkannya. Kemudian bumbu rempah disangrai sampai berbau harum, barulah daging tikus dimasukkan.
Rasanya…cukup berat kalau saya bilang. Terasa berat di lidah, meskipun dagingnya tidak keras, sangat empuk bahkan, tapi di kerongkongan rasa berat. Kalau anda tidak biasa memakannya, maka butuh segelas air untuk memelorotkan kunyahan dagingnya agar memasuki kerongkongan.
Ini merupakan salah satu makanan yang unik menurut saya di Manado ,, dan pasti nya masi banyak lagi makanan – makanan yang enak untuk disantap…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar