Suka Water Sport? Suka snorkeling dan diving? Anda harus mencoba pergi ke Bunaken. Jika  Anda baru dengar keindahannya dari cerita teman saja, rasanya belum lengkap. Karena kawasan konservasi laut yang sudah tersohor ini memang patut diselami.
Taman laut Bunaken yang sangatlah terkenal, dengan area sebesar 75.26 hektar ini, terletak sangat dekat dengan Manado dan terdiri dari 5 pulau yang berdekatan yaitu Bunaken, Manado Tua, Siladen, Mantehage, dan Nain.
Tempat ini masuk dan menduduki 10 tempat menyelam yang terpopuler di dunia untuk dikunjungi dan diselami. Menawarkan penyelaman yang spektakular sampai pada kedalaman 100 meter dan air laut hangat yang mengundang.
Dengan bersnorkeling, pengunjung dapat dengan jelas melihat aneka terumbu karang dan ikan hias yang ada di Bunaken. Meskipun hanya di permukaan saja. Tapi itu sudah cukup membuat siapapun ‘terhipnotis’ dan betah berlama-lama hingga lupa waktu.
Tips Perjalanan di Bunaken
Pulau Bunaken seluas 8,08 Km2 di Teluk Manado merupakan bagian dari Kota Manado, ibukota Provinsi Sulawesi Utara. Di sekitar pulau ini terdapat Taman Laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Laut Bunaken.  Dari Pelabuhan Marina, Manado Anda bisa Carter kapal wisata hanya dengan Rp750.000, waktu tempuhnya sekitar 1 jam. Kapal ini berkapasitas 15 orang ini dilengkapi pelampung, tempat duduk, dan dua kaca berbentuk aquarium untuk melihat terumbu karang dan ikan hias dari atas kapal.
Jika Anda mau snorkeling, biayanya hanya Rp 100.000 sudah termasuk masker dan sepatu katak serta kapal kayu bermotor pergi-pulang dari Pantai Bunaken ke lokasi.
Musim kunjungan terbaik:  bulan Mei s/d Agustus setiap tahunnya.
Cara pencapaian lokasi: Taman Nasional Bunaken dapat dicapai melalui Pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di Kecamatan Molas dan Marina Blue Banter. Dari Pelabuhan Manado dengan menggunakan perahu motor menuju pulau Siladen dapat ditempuh + 20 menit, pulau Bunaken + 30 menit, pulau Montehage + 50 menit dan pulau Nain +60 menit. Dari Blue Banter Marina dengan menggunakan kapal pesiar yang tersedia menuju daerah wisata di pulau Bunaken dapat ditempuh dalam waktu 10-15 menit, sedangkan dari pelabuhan NDC menuju lokasi penyelaman di pulau Bunaken dengan menggunakan speed boat ditempuh dalam waktu + 20 menit. dalam mencapai lokasi, selama perjalanan pun anda dapat melihat keindahan pulau Bunaken ini. da jangan lupa pula untuk mencoba scuba diving dan snorkeling dan buktikan keindahan bawah laut Pulau Bunaken! anda akan menyesal jika melewatkan keindahan bawah laut ini.